Laman

Sabtu, 30 November 2013

Cerita Akhir Bulan

        Akhir bulan itu menyimpan banyak cerita. Banyak cerita perjuangan mempertahankan hidup, bila ternyata tak punya cukup simpanan. Mereka yang berstatus sebagai mahasiswa kos-kosan adalah yang paling familiar, juga paling rentan dan sensitif terhadap yang namanya akhir bulan. Akhir bulan buat mahasiswa kos-kosan itu ibarat datang bulan buat kaum hawa. Bawaannya jadi sensitif, apalagi pas lagi ngumpul bareng dan ternyata obrolannya uda sampai pada topik "habis ini mau makan dimana?". Itu pertanyaan sensitif banget men, soalnya bakal ngingetin dia akan isi dari dompetnya, tipis. Mending tipis, kalau kosong? Itu pertanyaan jahat banget, udah ngingetin dia akan realita kehidupan mahasiswa kosan akhir bulan yang sesungguhnya. Bukannya gimana-gimana ya, tapi pertanyaan mahasiswa kosan akhir bulan gak sampai sejauh itu soalnya, mereka cuma mengenal satu pertanyaan mendasar "habis ini bisa makan apa?(Ya Tuhan)". Jadi, berbahagialah wahai kalian yang masih bisa bertanya habis ini mau makan dimana pas akhir bulan. Kalau jadi anak rumahan enak, jawabannya jelas, tinggal bilang "makan dirumah dong biar hemat". Lah kalau jadi anak kosan, absurd banget kan kalau harus ngejawab, "makan dikosan dong biar hemat". Emangnya sejak kapan bapak sama ibu kos jadi orang tua kamu, yang bisa masakin tiap hari. Ya bisa sih, kalau ternyata kamu malah ngekosnya di rumah orang tua sendiri. Sehemat-hematnya juga itu kalau di kosan ada magic jar. Magic itu artinya sihir dan jar itu artinya guci, jadi kalau diterjemahin artinya adalah guci sihir, soalnya dia bisa nyulap beras jadi nasi, kalau colokannya dipasang dan gak mati lampu. Lah kalau gak punya magic jar? Kasian kan, itulah kenapa pertanyaan "habis ini mau makan dimana?" harus kamu hindari sebagai topik obrolan di akhir bulan, demi menghormati perasaan mahasiswa kosan akhir bulan yang sedang sensitif.

          Dari orientasi pertanyaan seputar makan tersebut, sebenarnya kita bisa ngeliat status seorang mahasiswa. Kalau nanyanya "habis ini bisa makan apa?(Ya Tuhan)" wah, ketauan ini nih mesti mahasiswa kosan akhir bulan. Tapi percayalah penderitaan selalu lekang oleh waktu, begitu sang mahasiswa kosan dapat dengan enteng melontarkan pertanyaan berkelas  seperti "habis ini mau makan dimana?" itu artinya dia lagi awal bulan. Tapi ada satu pertanyaan sakral seputar makan yang menempati level tertinggi. Yaitu kalau mahasiswa kosan tersebut udah lulus dan menjadi pejabat, namun jangan sampai dia menjadi sama seperti pejabat di negeri ini, yang pertanyaannya ialah "habis ini bisa makan siapa?(lagi)". Sayangnya kalau mahasiswa kosan yang lulus itu malah jadi pengangguran, ya balik lagi pertanyaannya jadi kayak mahasiswa kosan akhir bulan, "habis ini bisa makan apa?(Ya Tuhan)".

          Sebenarnya apa sih akhir bulan itu? Akhir bulan adalah jeda waktu diantara titik bias menipis dan habisnya uang saku bulanan, sampai pada datangnya kiriman bulanan tersebut. Jadi akhir dan awal bulan bagi mahasiwa kosan tidak serta merta dihitung menurut penanggalan kalender masehi, melainkan dari datang dan habisnya duit bulanan. Artinya walaupun bulan sudah berganti dan tanggal menunjukan angka 1, bahkan sampai 9 pun dan ternyata kiriman bulanan telat sementara hidup kamu sudah di ambang sakaratul maut. Maka selamat! Kamu masih ada dalam fase kritis sebagai mahasiswa kosan : Akhir Bulan.

2 komentar :

  1. Ketahuan nih.. Si penulis akhir bulannya (Read: menipis dan habisnya uang saku bulanan ((FASE KRITIS))) dihitung menurut penanggalan kalender masehi. Ditinjau dari deadline nge-posting tulisannya :p
    Eniwey aku suka dibagian Guci Sihir yang bisa nyulap beras jadi nasi, kalau colokannya dipasang dan gak mati lampu. Iya. Dan punya beras-nya ! Keep awesome satire Dude ! Selamat ber-awal bulan :)))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ko kamu tau sih.. Jangan-jangan kamu teman seperjuangan ku ya? Wah, ternyata aku tidak sendirian, thanks God.. Eniwey brarti kita adalah pejuang akhir bulan :-* Yeeeeyy..!! Pahlawan yang selalu datang pada saat bulan berakhir.. Say No To Pahlawan Kesiangan, Say Yes to Pahlawan Akhir Bulan..
      (Trus yang baca mikir : Kok kamu gak jelas sih ??? -___-")

      Hapus